Bupati Budiman Inspektur Upacara Hardiknas Tingkat Kabupaten Luwu Timur

 

Sulawesi selatan, Faktahukummntv.com- Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, di Lapangan Merdeka Malili, Selasa (02/05/2023).
Membacakan pidato seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RI), Nadiem Anwar Makarim, Bupati Budiman menyampaikan bahwa, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan yang membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

“Ialah pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” kata Bupati.
Lebih lanjut Ia mengatakan, sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.
“Sementara pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirya program-program Kampus Merdeka,” imbuhnya.
Dari segi pendanaan, Budiman menjelaskan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
“Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka,” jelasnya.
Diakhir pidatonya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada para tenaga pendidik di lingkup Pemkab Luwu Timur yang selama ini telah berkolaborasi dan bersungguh-sungguh dalam mendidik generasi muda di Kabupaten Luwu Timur.
“Mari kita bersama-sama menyemarakkan Peringatan Hardiknas Tahun 2023 dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Lutim juga menyerahkan SK Purnabakti ASN Tahun 2023 dan dana tabungan hari tua serta asuransi kematian kepada sembilan ASN Kabupaten Lutim.
Peringatan Hardiknas ini diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lutim, Hj. Masrah Bahri Suli, Ketua DPRD Lutim, Aripin, jajaran Forkopimda Lutim, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD, jajaran pimpinan instansi vertikal, para Camat, Perwakilan PT. Vale, Ketua PGRI, Ikatan Guru Indonesia, ketua Dewan Pendidikan, Direktur ATS, Pimpinan STIKES Batara guru, PT. Taspen, kepala UPTD, Para kepala Sekolah dan pengawas.

(Muh Juari )